Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKjIP)
Badan Ketahanan Pangan Kabupaten Bima 2015

Mar. 8, 2007


Posted by The Sophisticated Team of BKP

Rencana Pembangunan Jangka Menengah Kabupaten Bima Tahun 2010 – 2015 telah berakhir dengan pencapaian yang bervariasi. RPJMD merupakan landasan yang krusial dalam mengarahkan tujuan dan visi misi daerah Kabupaten Bima. Sebagaimana tertuang dalam Rencana Strategis Pemerintah Kabupaten Bima Tahun 2011-2015, Badan Ketahanan Pangan Kabupaten mempunyai 5 (lima) sasaran strategis dan 5 (lima) tujuan strategis yang kemudian dijabarkan ke dalam 5 (lima) program. Secara kumulatif capaian kinerja Badan Ketahanan Pangan Kabupaten Bima berdasarkan Sasaran pada tahun 2015 mencapai tingkat persentase 92,67 persen, sedangkan capaian Kinerja sebesar ( 100 %). Indikator Kinerja BKP mengacu pada Standar Pelayanan Minimal Bidang Ketahanan Pangan yang sudah ditetapkan oleh Peraturan Menteri Pertanian Nomor 65/Permentan /OT.140/12/2010 tentang Standar Pelayanan Minimal Bidang Ketahanan Pangan Propinsi dan Kabupaten/Kota. Dengan diterbitkannya SPM ini, diharapkan pemerintah daerah propinsi dan kabupaten/kota dapat menerapkan SPM bidang ketahanan pangan sehingga seluruh lapisan masyarakat di wilayah, dalam konteks pelaksanaan otonomi daerah, dijamin mendapat akses terhadap pelayanan minimal dibidang ketahanan pangan. Hal ini pulalah yang kemudian menjadi acuan penetapan SPM ditingkat kabupaten/kota.
Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKjIP) Badan Ketahanan Pangan Kabupaten Bima disusun dengan maksud memberikan gambaran mengenai pelaksanaan program dan kegiatan berbasis kinerja, sebagaimana terdapat dalam Penetapan Kinerja Tahun 2015 yang merupakan tahun pertama pelaksanaan Rencana Strategis Pemerintah Kabupaten Bima 2011-2015. Laporan ini berisi penetapan kinerja dan akuntabilitas kinerja, dimana termasuk didalamnya akuntabilitas keuangan, analisis kinerja dan evaluasi kinerja guna menyajikan satu informasi yang utuh atas upaya yang telah dilakukan dan tingkat capaian dari target pada tingkat sasaran program.
Dalam penyusunan LKjIP ini disajikan tentang Indikator Keberhasilan dan Kegagalan dalam pencapain sasaran, tujuan dan target yang telah ditetapkan dalam Penjanjian Kinerja, sehingga diperlukan pola pengukuran kinerja mulai Rencana Strategis, dan berakhir sampai dengan pengukuran kinerja atas sasaran program kegiatan yang dilakukan dalam rangka pencapain visi,misi,tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan dalam Penetapan Kinerja (PK).
Secara keseluruhan capaian kinerja Badan Ketahanan Pangan Kabupaten Bima berdasarkan persentase capaian kinerja baik yang berbasis sasaran maupun tujuan strategis adalah sebesar (92,67%). Dalam konteks pengklasifikasian tingkat keberhasilan diukur dari tingkat capaian yang telah ditetapkan. Dengan demikian, maka secara umum kinerja Badan Ketahanan Pangan Kabupaten Bima dapat dinyatakan berhasil.
Memperhatikan pada tingkat capaian kinerja tersebut, dilaksanakan evaluasi terhadap program-program yang belum optimal dalam suatu koridor atas serangkaian pembandingan capaian kinerja dalam kurun waktu satu tahun terakhir membandingkan dengan tahun sebelumnya guna memperkuat formulasi komparatif yang komperhensif. Hal tersebut diorientasikan pula untuk menjadi bagian yang terintegrasi dalam suatu upaya konstruktif dan berkelanjutan guna mengoptimalkan dan menyempurnakan kinerja Pemerintah Kabupaten Bima di waktu yang akan datang.

Download LKjIP BKP Kabupaten Bima