DEWAN KETAHANAN PANGAN KABUPATEN BIMA

Mar. 8, 2007


Posted by The Sophisticated Team of BKP

Sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 83 tahun 2006 tentang Dewan Ketahanan Pangan, bahwa untuk mengupayakan terwujudnya ketahanan pangan ditingkat kabupaten/kota, diperlukan koordinasi dan tata kerja yang dikoordinasi dan diketuai oleh kepala daerah. Oleh karena itu Dewan Ketahanan Pangan Kabupaten/ kota mempunyai tugas untuk membantu Bupati/ walikota dalam:

  1. Merumuskan kebijakan dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan kabupaten/ kota dengan memperhatikan kebijakan yang ditetapkan oleh DKP pusat dan DKP propinsi

  2. Merumuskan kebijakan dalam rangka mendorong keikutsertaan masyarakat dalam penyelenggaraan ketahanan pangan

  3. Melaksanakan evaluasi dan pengendalian perwujudan ketahanan pangan kabupaten/ kota.

Oleh karena demikian maka tugas Dewan Ketahanan pangan Kabupaten/ Kota sebagaimana dimaksud diatas meliputi penyediaan pangan, distribusi pangan, cadangan pangan, penganekaragaman pangan, serta pencegahan dan penanggulangan masalah pangan dan gizi. Dalam rangka mengkoordinasikan kegiatan-kegiatan terkait ketahanan pangan di Kabupaten Bima, maka Bupati Bima telah membentuk Dewan Ketahanan Pangan (DKP) yang keanggotaannya lintas SKPD dan mitra pemerintah sebagai langkah koordinasi dan penyusunan kebijakan ketahan pangan Kabupaten Bima.

>> Lihat Juga